DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Sabtu, 09 Juni 2012

Ringkasan Kajian Jum'at Sore On Air Radmafm : Metode Dakwah untuk Remaja

Metode Dakwah untuk Remaja
(On Air: Jum’at  8 Juni 2012 jam 16.15-17.15, RadmaFM)
Narasumber : Pak Adib
Host : Jeni Widiatmoko


  1. Kondisi Remaja
a.    Secara fisik sedang sehat-sehatnya, energik!
b.    Secara semangat sedang besar-besarnya, antusias!
c.    Secara fikiran sedang mencapai puncak kemampuan menangkap wawasan, pembelajar cepat!
d.    Secara mental : memasuki pubertas, baligh!



e.    Secara sosial : cepat dewasa karena berbagai kemajuan informasi dan teknologi tapi fikirannya masih belum dewasa !
f.     Secara umum : mudah terpengaruh oleh hal-hal yang kurang baik, apalagi bila jauh dari pengajian dan budaya beragama!
g.    Secara khusus tantangan kita: anak – anak muda hari ini kurang ada yang memperhatikan, tidak ada wadah untuk membina diri. Akibatnya mereka tidak punya pilihan lain kecuali arus budaya hedonis, hura-hura, pergaulan bebas, …
  1. Cara praktis dakwah
a.    Ikutkan mereka dalam kegiatan-kegiatan BKPRMI Turi atau kegiatan positif yang diadakan berbagai pihak seperti lomba, kajian akbar, ataupun latihan kader remaja masjid.
b.    Buatlah wadah untuk mereka dalam berbagai kelompok kegiatan, misalnya remaja masjid, klub olahraga=futsal, kesenian=nasyid,
c.    Jadikan mereka pengurus, meskipun awalanya tidak tahu apa-apa, lambat laun mereka akan belajar sendiri.
d.    Mereka suka tantangan, maka adakan forum rutin pertemuan remaja, dan berilah mereka tugas latihan sebagai mc, pemberi kultum, mempimpin do’a, sambutan. Teks nya bisa kita buatkan agar mereka tidaka repot. Dari sini mereka akan belajar keberanian berbicara dan kepemimpinan.


e.    Untuk tahap-tahap awal, tidak harus materi-materi agama yang dibahas dalama forum-forum pertemuan. Bisa mengambil tema-tema khusus seperti : bahaya narkoba, pemuataran film motivasi sukses, latihan pidato.
f.     Target dari semua itu bukan mereka pintar atau berkahlaq baik. Tetapi mereka memiliki komunitas dan identitas. Otomatis mereka akan mengikuti pola komunitas tersebut. Misalnya budaya: suka mengaji, saling memberi taushiyah, semangat memperbincangkan agama.
g.    Jadi target kita adalah membentuk sikap mental mereka dengan identitas muslim: adapun materi agama dan wawasan kehidupan secara umum dapat mereka gali dari pergaulan  dalam komunitas itu, buku-buku yang mereka baca, taushiyah-taushiyah yang mereka terima via sms, facebook, majalah, website komunitas
h.    Ada baiknya komunitas – komunitas remaja muslim tersebut memiliki system pembinaan intensif, sehingga para remaja yang sudah bergabung dan ingin belajar dengan lebih cepat bisa terwadahi. Misalnya: madrasah BKPRMI pekanan, kajian akhwat pekanan.
Wallahu a’lam bish-shawab. 

2 komentar:

  1. sedulur donokerto13 Juni 2012 08.15

    Bagus, Pak! Kita tunggu materi-materi untuk remaja masjid selanjutnya. Makasih...

    BalasHapus
  2. Kapan Pak Adib on air lagi? Udah ditunggun nih sama pendengarnya...

    BalasHapus