DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Sabtu, 05 Mei 2012

Selamat datang Yaa Ramadhan

 SELAMAT DATANG YAA RAMADHAN


Matahari terakhir Jumadits tsani telah terbenam. Hilal bulan Rajab telah terbit. Pertanda akan segera datangnya tamu agung. Tamu yang selalu dirindukan kehadirannya. Tamu yang penyambutannya harus disiapkan sedini mungkin. Bahkan hingga dua bulan sebelum tamu itu tiba.
Rasulullah pun menegaskan kehadirannya dengan sebuah do’a:” Allahumma bariklana fi rajaba wa sya’bana, waballighna Ramadhan”. Ya Allah, berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan. Do’a ini kemudian diiringi dengan amal-amal persiapan Ramadhan. Salah satunya, pada kedua bulan ini, Rasulullah memperbanyak puasa sunnah.
 Para pengurus takmir masjid pun mulai bersiap. Rapat-rapat menyambut Ramadhan mulai diagendakan. Yang paling awal adalah menjadwal para penceramah tarawih dan kultum Shubuh. Tidak lupa pula merencanakan pengajian akbar menyongsong Ramadhan dan kerja bakti membersihkan lingkungan masjid. Semuanya untuk sebuah tujuan: menjadikan Ramadhan tahun ini lebih bermakna dan berkesan.
Ramadhan memang berbeda. Betapa banyak hamba Allah yang berubah hatinya, perasaannya, pemikirannya dan arah hidupnya karena mendapatkan buah Ramadhan. Itulah sebabnya Ramadhan disebut bulan tarbiyyah, bulan pembinaan. Bukan saja menambah wawasan dan merubah kebiasaan, namun Ramadhan pun merubah pribadi dan karakter seseorang.
Tentu saja semua itu diawali dari persiapan yang matang. Karenanya, menjadi kemestian bagi siapa saja yang ingin berubah di Ramadhan, untuk menyiapkannya sejak dini. Persiapan itu meliputi: penjagaan jasmani, menyegarkan kembali tata cara berbagai amaliyah dan keutamaan di Ramadhan, dan tentu saja penyiapan anggaran biaya untuk mencukupi kebutuhan selama Ramadhan.
Selamat menyambut Ramadhan. Semoga semuanya sukses, baik diri kita, keluarga kita, maupun masyarakat kita. Amin.   

Dimuat di buletin TURI JAYA Edisi 1/2011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar