DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Senin, 21 Mei 2012

Ringkasan amanat pembina upacara MTsN Sleman Kota: tiga potensi dasar

Tiga Potensi Dasar Manusia

Selamat Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2012! Dengan semangat Harkitnas, kita bangun kembali semangat kita belajar dan belajar di MTsN Sleman Kota ini.
Pendidikan di sekolah bukan semata-mata bertujuan menghasilkan nilai yang baik dalam ujian akhir atau ujian kenaikan kelas. Karena nilai yang baik tidak cukup untuk menjadikan kita manusia terbaik dan unggul. Nilai ijazah dan rapor yang baik tidak menjamin kehidupan kita di masa yang akan datang baik pula.

Allah SWT telah memberikan tiga potensi dasar bagi setiap manusia untuk dikembangkan. Apabila ketiga hal tersebut dapat berkembang secara maksimal dan optimal, maka manusia tersebut memiliki modal yang cukup untuk menjalani dan mengatasi kehidupan.
Tiga hal itu adalah:
1.   Potensi Hati

Kata kuncinya adalah keimanan, kepribadian, akhlaq mulia, kejujuran. Potensi hati ini mesti kita kembangkan agar menjiwai seluruh perbuatan kita. Itulah mengapa di sekolah ini disampaikan pelajaran Pendidikan Agama dalam porsi yang cukup banyak, dari Aqidah Akhlaq, Fiqih, Sejarah Islam dan Qur’an Hadits. Juga pembiasaan shalat Dhuha, Shalat Dhuhur, taddarus tiap pagi hari, dan program–program peningkatan keimanan yang lain.
Itu semua bertujuan agar kita memiliki hati yang baik, keimanan yang menghunjam, akhlaq yang tinggi dan kepribadian yang matang.
2.   Potensi Akal Fikiran
Kata kuncinya adalah pintar, cerdas dan berwawasan luas. Potensi ini dikembangkan agar kita memiliki pengetahuan yang cukup sebagai arah kita mengarungi hidup ini. Berbagai mata pelajaran yang kita dalami, dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKN dan lainnya, adalah dalam rangka itu.
Dengan wawasan berbagai ilmu itu, kita akan memiliki kekayaan pengetahuan. Dengan kekayaan pengetahuan itulah, kita akan hidup dalam rambu-rambu yang sangat jelas.


Nabi bersabda : “ Barang siapa yang ingin sukses di dunia maka gapailah dengan ilmu. Barang siapa yang ingin sukses di akhirat maka gapailah dengan ilmu. Dan barang siapa yang ingin sukses kedua-duanya, maka gapailah dengan ilmu.”
3.   Potensi Jasmani
Kata kuncinya adalah energik, sehat, terampil, tangkas, dan mandiri. Potensi ini mesti dikembangkan sebagai penopang dan wadah hati yang mulia dan fikiran yang maju. Sebab, akhlaq dan fikiran yang baik mesti diwujudkan dalam perbuatan oleh anggota badan
Potensi ini pula yang mesti kita latih agar kita memiliki ketrampilan hidup dan kecekatan bersikap dalam berbagai situasi. Pendidikan Jasmani dan Olah raga, pendidikan ketrampilan dari membatik, dekorasi, tata busana, tata boga, perikanan, otomotif dan jurnalistik semua untuk mengembangkan potensi jasmani dan ketrampilan hidup menuju jiwa yang mandiri.

Ditambah lagi dengan berbagai ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, bela diri, olah raga, koor musik dan lainnya. Semua akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita ke depan.
Demikian tiga potensi dasar manusia yang mesti kita gapai dalam tiga tahun belajar di sekolah ini. Ketiganya sudah dirumuskan dalam visi sekolah, yang selalu tampil pada halaman pertama buletin dan majalah Kota Madinah. Apakah itu: Berakhlaq mulia, cerdas dan mandiri.
Demikianlah hakekat kita belajar dan sekolah di MTs ini. Bukan semata-mata mendapat nilai yang bagus, tetapi bagaimana nantinya kita bisa lulus dari MTs ini dengan predikat berakhlaq mulia, cerdas dan mandiri. Sanggupkan Anda? TIdak ada kata lain kecuali: Man jadda wajada. Siapa bersungguh-sungguh, pasti berhasil.
Man jadda! Wajada!
Wallahu a’lam bish-shawab.
(Ringkasan Sambutan Pembina Upacara Bendera MTsN Sleman Kota, 21 Mei 2012) 

1 komentar: