DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Rabu, 02 Mei 2012

Kita Layak untuk Unggul

Kita Layak untuk Unggul
Oleh : Adib Nur Aziz,S.Si, pembina jurnalistik MTsN Sleman Kota
           
Sebuah sekolah yang besar. Tanah yang luas, gedung yang terus bertambah. Siswa yang melimpah tiap tahunnya. Berada di daerah strategis, sangat dekat dengan pusat pemerintahan. Mau ke mana-mana rasanya dekat. Ke Kantor Bupati dekat, ke alun-alun Denggung dekat, ke Kantor Kementerian Agama dekat. Ke Pasar dekat, bahkan ke Polsek juga dekat.   
Kegiatan pembelajaran yang menarik. Setiap hari  diiringi dengan Shalat Dhuha dan Dhuhur. Kegiatan belajar diawali dengan membaca dzikir ayat-ayat Allah SWT. Alunan adzan dan iqomat Dhuhur turut meramaikan suasana. Masjid yang megah, tempat para guru dan siswa bermunajah di tengah tugas mulia pendidikan. Para siswi menjadi lautan jilbab.  
Pohon-pohon yang rindang. Kipas angin yang selalu berputar menghalau gerah dan keringat. Kantin di pojok sekolah yang murah dan meriah. Upacara yang selalu ramai dengan iringan drumband yang menggugah semangat. Layar LCD yang menyala untuk menampilkan film dan materi pembelajaran. Parkir sepeda yang luas.  Dan … satu lagi, buletin Kota Madinah yang menyapa setiap bulan, mengobarkan semangat dan mengabarkan peristiwa-peristiwa di lingkungan sekolah .
Di dalam ruang guru, berkumpul para pendidik terbaik yang dimiliki oleh bangsa ini. Ada yang sedang menempuh gelar Doktor dan sebagiannya sudah menyelesaikan kuliah pasca sarjana. Mereka menjadi guru, baik di kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran dilakukan dengan cukup kreatif dan inovatif. Ada guru yang selalu memakai laptop dan LCD ketika mengajar. Ada juga guru yang membawa mic dan speaker aktif agar suaranya terdengar lebih mantap. Ada guru yang memberi tugas siswanya untuk mewawancari guru lain. Ada juga guru yang menerangkan dengan mantap dan enak diterima.
Prestasi para siswanya luar biasa. Berkali-kali mereka meraih kejuaraan dan kehormatan dalam ajang para pelajar. Bahkan dalam berbagai bidang yang berbeda. Di bidang olah raga, mereka masuk papan atas Liga Sepak bola Pelajar Indonesia Kabupaten Sleman. Di bidang akademik, sebagian alumninya berhasil diterima di SMA-SMK favorit. Di bidang kesenian jangan ditanya. Dari drumband, paduan suara hingga karawitan adalah pelanggan prestasi. Mereka sering tampil di acara-acara penting di Sleman ini.
Tidak ada lagi alasan untuk tidak menjadikan mereka sekolah yang unggul, karena mereka memiliki semua syaratnya. Seluruh sumber daya telah mereka miliki.  Tinggal satu saja, menjadikan dan merangkai seluruh sumber daya tersebut menjadi satu kekuatan besar. Satu kekuatan yang akan mendorong sekolah untuk mencapai masa kejayaannya.
Kini, kekuatan itu mulai bangkit. Tanda-tanda menuju keunggulan semakin terlihat jelas. Satu demi satu langkah menuju masa keemasan sedang dititi. Pelan tapi pasti kekuatan itu terus mendesak, menggerakkan seluruh sudut dan bagian sekolah. Semoga, kekuatan itu terus istiqomah dalam jalannya. Dan tidak lama lagi, sekolah itu akan menjelma menjadi sebuah sekolah idaman.   
Beruntunglah mereka, yang turut ambil bagian, menjadi pelaku dan saksi sejarah akan lahirnya sebuah sekolah yang unggul. Sekolah yang akan melahirkan generasi yang unggul pula. Man jadda wajada.

Dimuat di Majalah MTsN Sleman Kota Edisi 1/I/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar