DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Sabtu, 05 Mei 2012

Buletin MTsN Sleman Kota Edisi 8

Berita Madrasah :

PROGRAM BTAQ MULAI BERGULIR

Pada minggu-minggu ini di MTsN Sleman Kota telah diadakan kegiatan BTAQ, singkatan dari Baca Tulis Alquran. Kegiatan tersebut diadakan di kelas-kelas maupun di masjid. Menurut koordinatornya, Ibu Erni Andaryati,S.Ag, program ini diikuti oleh para siswa kelas 7 dan 8, terutama yang masih Iqra jilid 1-4 yang berjumlah 125 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para siswa bisa fasih dan lancar dalam membaca Alquran. Kegiatan ini dibimbing oleh hampir semua guru dan pegawai. Alhamdulillah, para siswa sangat antusias mengikuti program BTAQ. Sukses selalu!
(Danas Wati VII F, Eni Kristanti VII F)
            
Salah satu sudut BTAQ yang berjalan dengan santai tapi tetap semangat

LOMBA MEMPERINGATI HARI KARTINI
Pada hari Sabtu tanggaL 14 April 2012 di MTsN Sleman Kota, diadakan lomba memperingati hari Kartini. Kegiatan ini diselanggarakan oleh pengurus OSIS dan diikuti oleh 132 siswa, yang merupakan wakil-wakil tiap kelas 7 dan 8. Adapun macam lombanya adalah: fashion show, baca puisi, memasak dan merangkai bunga.
Tujuan lomba ini agar semua siswa kembali mengingat jasa para pahlawan, terutama RA Kartini. Selain itu juga untuk menumbuhkan kreatifitas siswa. Pengumuman pemenang dan pembagian hidiah dilaksanakan setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kartini pada hari Sabtu, 21 April 2012 di halaman sekolah. Selamat untuk para pemenang! (Anggit Febri VII D, Wisnu VII E)
    

 

SEMANGAT HARI KARTINI:
MAJULAH WANITA INDONESIA


Bapak ibu guru dan pegawai MTsN Sleman Kota pun turut ber-Kartini-an. Mantap!

Man Jadda wajada. Subhanallah. Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini. Seperti Darma Wanita Kantor Kemenag Sleman yang mengadakan lomba nasi tumpeng. Peserta lomba adalah perwakilan unit-unit Darma Wanita Kemenag Sleman yang berjumlah sekitar 50 unit. Alhamdulillah, Wakil dari MTsN Sleman Kota, yaitu Ibu Dyah dan Ibu Ratna berhasil meraih juara harapan I atau juara ke-4.
Sementara itu, para guru dan siswa MTsN Sleman Kota dengan khidmat mengikuti Upacara Peringatan Hari Kartini pada hari Sabtu, 21 April 2012. Bertindak selaku pembina upacara adalah Ibu Dra. Hj. Sri Haryati Handayani, kepala madrasah MTsN Sleman Kota. Yang unik dari upacara ini adalah semua petugas upacara adalah para ibu guru.. Selain itu para guru dan siswa juga mengenakan pakaian khas, yaitu surjan untuk putra dan kebaya muslimah untuk putri. Lanjutkan semangat Kartini. Man jadda wajada. (Dhika Arfian Ainun Yahya VII F, Rizki Nur Rahmadi  VII F)   

 

PROFIL

PAK SUGIYANTO, MANTAN KEPALA TU

Bapak Sugiyanto baru saja menyelesaikan amanah sebagai kepala TU MTsN Sleman Kota karena telah memasuki masa pensiun.  Beliau lahir pada tanggal 20 Mei 1959 dan tinggal bersama keluarga di Karang Sumber Agung Moyudan. Istri beliau bernama Endang Sri Harwati. Beliau dikaruniai dua putra, yaitu Fajri Arum Kurniawati (siswi SMAN 2 Yogyakarta) dan Dana Indah Harwati (siswi SMAN 1Yogyakarta).
Sebelum di MTsN Sleman Kota, Pak Sugiyanto pernah bertugas di MAN Godean selama 20 tahun dan di MTsN Tempel  selama 4 tahun. Hal yang beliau sukai dalam bekerja adalah mengerjakan tugas dengan cepat selesai  tanpa kendala, dan menolong sesama sebatas bisa melaksanakan.
Beliau berharap MTsN Sleman Kota lebih maju, sedangkan para siswanya cerdas, taat pada agama, melaksanakan tugas sesuai aturan dan bisa bertanggung jawab. Pesan beliau adalah : kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, belajar yang baik menuju cita–cita  yang luhur, membantu orang tua serta taat beribadah di manapun juga. Selain bekerja di MTsN Sleman Kota, kegiatan Pak Sugiyanto di rumah  adalah mengajar di TPA dan menjadi pengurus LPMD  (Rahmat Yulianto VII F, Andik Darmawan VII F)

CAKRAWALA
Kartini, Muslimah Sejati
(diambil dari Buku Habis Gelap Terbitlah Terang)

“Bagi orang Islam, melepaskan keyakinan sendiri untuk memeluk agama lain,
merupakan dosa yang sebesar-besarnya”
(Surat Kartini kepada E.E. Abendanon, 31 Januari 1903)

“Moga-moga kami mendapat rahmat, dapat bekerja membuat umat agama lain
memandang agama Islam patut disukai.”
(Surat Kartini kepada Ny. Van Kol, 21 Juli 1902)

“Ingin benar saya menggunakan gelar tertinggi, yaitu: Hamba Allah (Abdulloh).”
(Surat Kartini kepada Ny. Abandanon, 1 Agustus 1903)

“Kesusahan kami hanya dapat kami keluhkan kepada Alloh, tidak ada yang dapat membantu kami dan hanya Dia-lah yang dapat menyembuhkan.”
(surat Kartini kepada Nyonya Abandanon, 1 Agustus 1903)

“Menyandarkan diri kepada manusia, samalah halnya dengan mengikatkan diri kepada manusia. Jalan kepada Allah hanyalah satu. Siapa sesungguhnya yang mengabdi kepada Allah, tidak terikat kepada seorang manusia pun ia sebenar-benarnya bebas”
(Surat Kartini kepada Ny. Ovink, Oktober 1900)

OPINI

Menghormati guru
Menghormati guru adalah kewajiban kita karena guru adalah orang yang membimbing kita untuk belajar supaya pintara dan bisa berprestasi tinggi.  Guru mempunyai jasa yang besar bagi diri kita. Walaupun kita sering nakal dan tidak mematuhinya, guru tetap mengajari kita.Jadi, sekali lagi, kita harus menghormati guru walaupun gurunya kadang menjengkelkan.kita. Sebab, guru lah yang telah mendidik kita dan membawa kita dari tidak tahu menjadi tahu.
Oleh : Fajar Aji Kurniawan (VII B) 


Menjaga Ketertiban Di Kelas dan Sekolah
Sebagai siswa, kita harus menjaga ketertiban di kelas. Kita tidak boleh ramai saat kegiatan belajar berlangsung. Di samping itu, kita juga harus menjaga kebersihan kelas. Sebab, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kebersihan juga salah satu bagian dari iman. Oleh karena itu, jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak berbagai perlengkapan di kelas.
Mari kita jaga lingkungan sekolah dari kerusakan karena sekolah adalah tempat kita untuk belajar. Dari sinilah kita bisa meraih cita-cita setinggi-tingginya. Kalau tidak ada sekolah, kita tidak bisa belajar dan tidak bisa menggapai masa depan.  Oleh : Titan Raka Herlandika ( VII A)

HIKMAH
                           
BELAJAR BERSODAQOH
Kita perlu bersodaqoh supaya mendapat pahala dari Allah SWT.  Di MTsN Sleman Kota sudah digalakkan program infaq Jum’at. Mari kita dukung program tersebut. Uang yang kita sodaqohkan tidak seberapa dibanding dengan uang jajan kita, apalagi hanya seminggu sekali.
Berrsodaqoh merupakan tanda syukur kita kepada Allah. Dalam kitab Al quran Surat Ibrahim ayat 7, Allah SWT berfirman: “Jika kamu bersyukur maka akan Aku (Allah) tambah nikmat-Ku kepadamu dan jika kamu kufur maka sungguh azab-Ku amat pedih”. Di dalam harta yang kita miliki, sebagiannya ada hak untuk orang lain. Dan satu lagi, jika kita bersodaqoh, hendaknya hati kita ikhlas dan tidak mengharap imbalan. Wallahu a’lam.
Oleh : Dwi Prasetyo (VII F)

“ kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar