DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Rabu, 07 Maret 2012

Buletin MTsN Sleman Kota Edisi 3


Berita Madrasah :
KELAS VII F, VIII D DAN IX A JUARA LOMBA KEBERSIHAN 
Kelas VII F, VIII D dan IX A akhirnya meraih sukses, merebut juara lomba kebersihan antar kelas tahun 2011. Lomba ini diselenggarakan oleh madarasah bekerja sama dengan Tim KKN-PPL UIN Suka Yogyakarta pada tanggal 6 – 12 Oktober 2011. Bertindak sebagai juri dan guru  pembimbing adalah Ibu SuerlinSetyowati,S.Pd, Bapak Harjoko,S.Pd,MA dan Bapak Mulyana.
Pengumuman juara dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada hari Senin, 28 Oktober 2011 bersamaan dengan upacara bendera peringatan Sumpah Pemuda. Menurut ketua panitia lomba, Ahmad Syaifullah, tujuan diadakannya lomba ini adalah terciptanya suasana 5 K di masing–masing kelas. Adapun 5 K yang dimaksud adalah kerapian, kebersihan, kesopanan, keamanan dan keindahan. (Danis Nur Hallifah VIII B, Rilla Adelia Cita VIII C)
  
             MADRASAH DISTRIBUSIKAN HEWAN QURBAN
Dalam rangka menyambut Idul Adha 1432 H, MTsN Sleman Kota membagi 7 hewan qurban berupa kambing kepada masyarakat di sekitar sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2011 setelah upacara bendera. Penyerahan hewan qurban langsung disampaikan.oleh sekolah kepada perwakilan takmir masjid atau pondok pesantren yang telah dipilih oleh panitia.
Adapun ketujuh lembaga yang menerima hewan qurban tersebut adalah Majlis Taklim Al Huda Pangukan, Gentan Margomulyo, Karanglo Tlogoadi, Gedongan Sumberadi, Ngentak Sumberadi, Paten Tridadi dan Panti Asuhan Anak Sholeh Sleman III. Menurut sekretaris panitia Bapak Drs. Sunaryono, hewan qurban tersebut diperoleh dari iuran para siswa dan guru. Diharapkan dengan pembagian hewan qurban ini, masyarakat penerima dapat merayakan Hari Raya Qurban dan menikmati daging qurban. Amin.  (Ade Herdiansyah VII, Vani Vernando VII, Kukuh Nur Tauhid VII)

DEWAN PENGGALANG KELAS VIII MULAI AKTIF
Setelah melalui beberapa persiapan sejak akhir tahun pelajaran 2010/2011, akhirnya Dewan Penggalang (DP) Kelas VIII MTsN Sleman Kota mulai aktif. DP yang berjumlah 30-an siswa ini mulai rajin membantu Pembina Pramuka untuk melatih adik-adiknya kelas VII dalam setiap latihan Pramuka. Menurut mantan Ketua Dewan Penggalang kelas IX, Marwindarto, para siswa yang menjadi anggota DP itu adalah siswa yang memiliki minat dalam Pramuka. Selain membantu pelaksanaan latihan rutin, para anggota DP juga bertugas mengadakan kegiatan-kegiatan kepramukaan.
Banyak manfaat yang didapat anggota DP, di antaranya memiliki banyak teman, belajar kompak dalam kelompok, juga merencanakan dan melaksanakan kegiatan. Di samping itu, DP juga bermanfaat dalam membentuk karakter rela berkorban dan kemandirian, tambahnya. Jadi, selamat bertugas utuk para anggota DP! (Dita Anggreani VII E, Andik Darmawan VII F)

KOMENTAR :
”Saya bangga dengan terbitnya buletin Kota Madinah edisi ke-2. Saya usul agar halamannya ditambah untuk menambah rubrik kreatifitas siswa. Bisa berupa puisi, pantun, teka teki silang, lukisan atau yang lain sifatnya pendidikan.” (Drs. Yunanto, Waka Madrasah Urusan Sarana Prasarana)  
    
Tim KKN-PPL UIN Yogya Pamitan
ASYIKNYA JADI MAHASISWA
Sampai jumpa dan terima kasih untuk Tim KKN-PPL UIN Yogyakarta

Man Jadda wa jada. Alhamdulillah. Setelah tiga bulan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), akhirnya 10 mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta resmi pamit. Pamitan tersebut dilaksanakan setelah upacara bendera peringatan Sumpah Pemuda pada hari Jum’at 28 Oktober 2011 lalu. Pamitan diwakili oleh ketua tim KKN, Ahmad Syaifullah yang akrab dipanggil Pak Syaiful.
KKN-PPL ini adalah kegiatan yang wajib diikuti setiap mahasiswa sebagai salah satu syarat lulus untuk meraih gelar sarjana. Menurut Pak Syaiful, tujuan KKN-PPL adalah mengabdikan ilmu yang sudah diperoleh dan menambah wawasan. Selain itu juga untuk melatih  mahasiswa agar memiliki pengalaman langsung tentang proses pembelajaran.
Tim KKN –PPL ini terdiri dari sepuluh orang, yaitu: Ahmad Syaifullah, Fil Isnaiani, M. Abdul Qoffin, Habibullah, Astri Madona, Esti Rohmah Ainiyah, Khotimatus Sa’adah, Kukuh Irwandi, Anis Atiyahisa dan Ervin Nuraini.
Berbagai hal telah dikaryakan dan disumbangkan untuk keluarga Besar MTsN Sleman Kota. Semoga bermanfaat untuk semua. Dan satu lagi, semoga nantinya banyak alumni MTsN Sleman Kota yang mengikuti jejak mereka, menjadi seorang mahasiswa dan lulus sebagai sarjana. Kemudian mampu berjuang mendorong kemajuan bangsa. Amin. (Annisa Fitri Utami VIII E, Sri Haryani VIII C, Widuriningsih VIII C)  

PROFIL

 PAK HAJI ARIFIN, WAKA KURIKULUM

Sudah pernah membaca lima kunci sukses yang terpajang di sebelah timur ruang kepala sekolah? Itulah rumusan ajaib untuk para siswa yang dibuat oleh Bapak Drs. H. AH. Al Arifin, M.Pd, yang saat ini diamanahi sebagai Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum. Pak Arifin lahir di Kota Magelang pada tanggal 24 November 1962. Beliau menempuh pendidikan menengah di SMP Muhammadiyah Mlati dan SMAN 1 Sleman, kemudian meraih gelar sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta.

Pak Arifin tinggal di dusun Jonggrangan, Sumberadi, Mlati bersama istrinya, Ibu Dra. Hj. Tri Restuningsih dan ketiga putranya: Mas Fathan, Mas Fahmi dan Mas Fahri. Hobby beliau adalah membaca dan berorganisasi. Hingga saat ini, Pak Arifin telah mengabdi sebagai guru selama 24 tahun.

Berikut lima kunci sukses yang dirumuskan Bapak Haji Arifin : selalu menegakkan shalat lima waktu, berbakti kepada kedua orang tua, selalu belajar dan taddarus Alquran, menghidupkan sunah Nabi, dan selalu menambah ilmu. Semoga kita bisa mengamalkan kelima kunci sukses ini.  Amin. (Rahma Nur Annisa VIII E, Tri Lestari VIII E)


CAKRAWALA

Jalan Sukses bernama Kesempatan
Oleh : Adib Nur Aziz,S.Si, pembina jurnalistik MTsN Sleman Kota
           
Mas Ilyas bukanlah siapa-siapa. Dia adalah siswa baru kelas VII MTsN Sleman Kota seperti 200 siswa yang lain. Satu saja yang berbeda. Ilyas lebih cepat merebut kesempatan. Ketika diumumkan adanya Lomba Minat Baca, dia menyambutnya. Dan kesempatan itu digunakan dengan sebaik mungkin. Ia segera menulis sinopsis cerita kepahlawanan Raden Ajeng Kartini dengan tulisan tangan. Akhirnya ia masuk nominasi untuk melanjutkan mengikuti lomba dengan menulis sinopsis itu dengan komputer. Kegiatan lembur dua hari di sekolah untuk mengetik pun diikuti.
Ia beruntung karenanya. Proses penulisan di Laboratorium Komputer langsung dibersamai oleh pakarnya, Bu Siti Fuziah, S.Pd, guru Bahasa Indonesia. Setelah mantap, tulisannya tersebut diprint dan dikirim ke panitia lomba bersama 3 siswa lainnya yang juga berhasil tuntas menulis dengan komputer. Ketiga siswa tersebut adalah Rahma (VIIIE), Dhika (VIIF) dan Dita Putri (VIIB).
 Hasilnya di luar dugaan. Karya tulis Ilyas meraih nilai tertinggi untuk peserta semifinal putra. Ia lolos ke semi final bersama 49 siswa dari ratusan siswa SMP/MTS se-Kabupaten Sleman yang berpartisipasi dalam ajang lomba ini. Cerita belum berakhir. Ilyas harus menyiapkan diri untuk babak final, babak presentasi.
Ia belajar lagi. Kini ia harus berbicara 5 menit di hadapan banyak orang. Beberapa hari ia belajar bersama Rahma dan Dhika yang juga lolos. Tentu saja, banyak hal baru yang dijumpai. Banyak pengalaman baru selama pembinaan dan perlombaan yang sesungguhnya. Akhirnya delegasi MTsN Sleman Kota memang belum lolos ke final. Tetapi, ia dan teman-temannya telah mengantongi banyak pengalaman berharga untuk bekal di masa depan.
Kesempatan tidak selalu datang dua kali. Siapa cepat, ia dapat. Sukses untuk llyas!


OPINI
ADA APA DENGAN FACEBOOK?
Facebook? Apa sih itu facebook? Menurut saya di jaman sekarang tanpa facebook itu tidak gaul. Tetapi, satu hal yang harus kalian ketahui, facebook membuat kita malas untuk belajar. Mengapa? Karena seharusnya waktu luang itu digunakan untuk belajar, tetapi malah digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat. Anak-anak jaman sekarang hanya memikirkan kesenangan saja, bukan memikirkan masa depannya. Facebook juga membuat kita bermalas-malasan untuk menatap layar komputer maupun hp. Dari pada seperti itu lebih baik memikirkan untuk belajar. Bukankah lebih bermanfaat? Boleh facebook-kan, tetapi harus ingat belajar dong! (Marissa Ahasti Dewi, Kelas VII D)

KATAKAN TIDAK UNTUK MENCONTEK
Menurut saya mencontek itu tidak baik karena merugikan diri sendiri dan orang lain. Dari pada mencontek lebih baik bekerja sendiri. Belum tentu jawaban atau pekerjaan yang kita dapatkan dari mencontek itu benar. Dari pada mencontek lebih baik jawaban kita salah. Mencontek itu adalah hal yang mudah bagi semua orang. Tetapi hal itu tidak baik dan akan merugikan diri sendiri. Bila sering mencontek, suatu saat ada ulangan atau disuruh mengerjakan soal pasti akan mencontek. Karena kita sudah terbiasa dengan tingkah laku mencontek itu. Jadi apa sih untungnya mencontek? Dari pada mencontek lebih baik bekerja sendiri. Itu pasti akan lebih baik. Amin. (Annisa Ayu Wardani, Kelas VII D)

MEMAKAI JILBAB DI MANA SAJA
Memakai jilbab adalah kewajiban bagi setiap wanita muslim. Berjilbab itu gunanya untuk menutupi aurat wanita supaya tidak menimbulkan fitnah. Berjilbab itu bisa dibiasakan sejak kecil. Begitupun orang tua saya. Saya dibiasakan untuk menggunakan jilbab di mana pun, baik di sekolah, di pasar maupun di tempat umum yang lain.
Saat ini kita menjumpai banyak orang yang di sekolah menggunakan jilbab tetapi di luar sekolah mereka melepas kerudungnya dan diganti dengan baju dan rok mini. Masya-allah. Tapi hari gini tidak memakai jilbab apa kata dunia? Dengan memakai jilbab, kita akan terlihat lebih sopan dan dewasa. Maka janganlah takut jika kita memakai jilbab. Ayo perempuan muslim Indonesia, pakailah jilbab sekarang juga. (Danas Wati, Kelas VII F)

SASTRA
                                                  Sahabat Sejati
Sahabat …
Kau adalah orang yang berarti bagiku
Kau selalu ada di sampingku
Di saat aku sedih maupun senang
                                                                Aku bangga punya sahabat sepertimu …
                                                                Kau orang yang ku percaya
                                                                Kau selalu menghiburku
                                                                Di saat aku sedang sedih
Aku ingin …Kau menjadi sahabatku selamanya
Semoga persahabatan kita takkan putus,
Sampai akhir nanti                                                                   Karya : Annisa Fitri Utami, Kelas VIII E


Tidak ada komentar:

Posting Komentar