DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Minggu, 19 Februari 2012

Buletin MTsN Sleman Kota - Edisi 6


Berita Madrasah :
KIR MSC KUNJUNGAN KE PERPUSDA
            Sembilan belas siswa anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Madina Science Club MTsN Sleman Kota mengikuti kunjungan ilmiah ke Perpustakaan Daerah Sleman di Beran. Acara ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Januari 2012 pukul 13.00–14.00 WIB dipandu Bapak Adib Nur Aziz,S.Si selaku guru Pembina KIR. Rombongan berangkat dari MTsN Sleman Kota dengan naik sepeda dan diterima oleh petugas perpusda Sleman. Setelah mengisi buku tamu, para siswa langsung mendaftarkan diri sebagai anggota Perpusda Sleman. Para siswa kemudian melihat dan membaca buku-buku yang dikoleksi. Tepat pukul 14.00 WIB, kunjungan diakhiri dan ditutup dengan membaca doa bersama di ruang baca.
Menurut Pak Adib, kunjungan ilmiah ini dilakukan dengan tujuan agar para anggota KIR menjadi anggota perpusda. Dengan itu, para siswa bisa meminjam buku-buku yang diperlukan untuk kajian pustaka dalam penyusunan penelitian ilmiah. Salut dan maju terus untuk MSC!   (koresponden Tim MSC)      

PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
Satu ruang kelas baru telah selesai dibangun di MTsN Sleman Kota. Pembangunan dilaksanakan selama 50 hari dimulai pada 4 November 2011 yang dikerjakan oleh PB. Sari Asih dan diawasi oleh pengawas CV.Sasmita.
Dengan dibangunnya ruang kelas baru ini berarti bisa memenuhi kekurangan ruang kelas. Ruang baru ini digunakan oleh kelas VIII D yang sebelumnya menempati ruang baca perpustakaan. Bapak Yunanto sebagai Waka Sarana dan Prasarana merasa bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) tersebut. Beliau menyarankan supaya ruang baru tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan baik serta selalu dalam keadaan bersih dan rapi. (Reza Ahmad Taufig VII A, Kukuh Nur Tauhid VII A)

TPM KELAS IX
Pada tanggal 25–26 Januari  2012 telah dilaksanakanTes Pendalaman  Materi (TPM)  yang diadakan Kelompok Kerja (Pokja) Kecamatan Sleman. Menurut ketua panitia, Bapak Suryanto, S.Ag, TPM ini diikuti  194 siswa kelas IX yang dibagi menjadi  sepuluh  ruang. Setiap ruang diawasi oleh  dua orang guru. TPM ini diadakan dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapai UNAS. Hasil dari TPM ini bisa digunakan untuk mengukur kesiapan siswa menghadapi UNAS. Diharapkan dengan TPM ini bisa dijadikan sebagai latihan bagi siswa agar terbiasa mengerjakan soal sehingga nilai UNAS tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Menurut rencana, para siswa kelas IX akan mengikuti TPM selama 7 kali putaran. Semoga sukses! (Rahmat Yulianto VII F, Vanny Vernando VII A)

KOMENTAR VIA SMS:
Kalau bisa, untuk lay out nya lebih diperbaiki. Materinya bukan cuma artikel tentang MTsN Sleman Kota, tapi juga tentang pengetahuan umum. (Danandjaya IX D, HP 083867048554) .
 
PENGURUS OSIS BARU TERBENTUK
RODA PERJUANGAN TERUS BERPUTAR

Ketua OSIS, Piki bersama pengurus yang lain berlatih PBB. Hormat grak!
 Man jadda wa jada. Subhanallah. Pengurus OSIS MTsN Sleman Kota periode 2012/2013 telah terbentuk. Pembekalan pengurus OSIS dilaksanakan pada  hari Ahad, 22 Januari 2012 pukul 07.00-17.00 WIB di kampus MTsN Sleman Kota dan diikuti oleh 28 siswa.
Materi yang diberikan dalam pembekalan ini di antaranya kepemimpinan,  keorganisasian, Pelajaran Baris Berbaris serta kepribadian.  Pembekalan ini dibimbing oleh  6 orang  tutor, yaitu: Drs. M Ali Nur Salim, M.Pd.I ,Drs Sunaryono ,Harjaka S.Ag,S.Pd,MA, Suerlin Setyowati S.Pd, Asmara Hadi, S.Pd.Jas, dan M Agus Pamhudi, A.Md.   
Dalam pembekalan tersebut, terpilih sebagai ketua OSIS yang baru adalah Piki Nugraha VIII E. Pengurus selain diisi dengan sekretaris dan bendahara, juga dilengkapi dengan bidang-bidang.                      
Pembekalan berjalan dengan baik dan lancar sampai selesai. Menurut salah satu Pembina OSIS, Bapak Agus Pambudi, tujuan dari kegiatan ini adalah memberi bekal kepada para pengurus OSIS untuk siap berorganisasi. Para siswa  melaksanakan pembekalan dari awal sampai akhir dengan semangat. Dengan terbentuknya pengurus OSIS yang baru ini, diharapkan dapat membantu sebagian progam  sekolah. Amin, sukses selalu untuk OSIS! Man jadda wa jada. (Gilang Ramadhan VII D, Henry Kurniawan VII A)

PROFIL

DRS YUNANTA, WAKA SARPRAS

Waka Sarpras sekolah kita adalah Bapak Drs.Yunanta dan akrab dipanggil Pak Yun.  Pak Yun lahir di Sleman,15 Juli 1964. Bersama istri, Ibu Sumiyasih,S.Pd dan tiga putranya, Afriyanah Fani Astuti (SMAN 2 Yogya), Nurmalinda Isna Astuti (SMPN Seyegan) dan Falih Al-Fairus Ilham (SMPN Seyegan, Pak Yun bertempat tinggal di Susukan 1 Margokaton, Seyegan. Riwayat pendidikan beliau dimulai sejak TK ABA Margokaton 1 (1969), SD Susukan II (1977), SMPN 2 Tempel (1981), STM Muhammadiyah Sleman (1985) dan meraih gelar sarjana di Universitas Taman Siswa Yogyakarta (1993).
Pak Yun yang bergolongan darah B ini sudah mengajar di sekolah kita selama 18 tahun. Hobbinya adalah membaca dan bermain catur. Selain mengajar, beliau juga menjadi anggota aktif di BKM Desa Margokaton Seyegan. Motto hidupnya adalah hidup berguna bagi masyarakat. Ada empat saran yang beliau sampaikan untuk para siswa, yaitu: belajarlah dengan disiplin, gunakan waktu sebaik–baiknya, hormati bapak ibu guru dan orang tua serta selalu menjaga lingkungan sekolah. Sukses selalu untuk Pak Yunanta. (Dita Putri Bhayangkari VII B, Dita Anggreani VII E)

 

CAKRAWALA
Titik Awal menuju Kejayaan
Oleh : Adib Nur Aziz,S.Si, pembina jurnalistik MTsN Sleman Kota
Ada orang–orang yang sangat hebat tetapi hanya untuk dirinya. Mereka berkumpul tetapi tidak menghasilkan apa–apa. Cerita-cerita kejayaan masa lalu tidak selalu menampilkan tokoh yang super hebat  sebagai pemeran utamanya. Al kisah Thalut adalah pemimpin Bani Israil yang ditugasi untuk mengalahkan keangkuhan raja Jalud. Tetapi, kekuasaan Jalud berakhir justeru di tangan seorang prajurit bernama Daud, dan jayalah kembali Bani Israil.
Tidak perlu menunggu orang hebat untuk menghasilkan kejayaan. Sebab sebaliknya, tim yang hebat terkadang diisi oleh orang-orang yang tidak hebat tetapi memiliki satu tujuan dan satu jiwa. Spanyol bukanlah tim unggulan dalam Piala Dunia 2010. Sementara para pemain hebat tersebar di Tim Argentina, Italia, Brasil ataupun Belanda. Ternyata, Spanyol mampu menjadi juara baru Piala Dunia dan menumbangkan tim-tim yang bertabur bintang.
Tidak perlulah kita merasa bukan orang hebat, bukan pelajar cerdas atau bukan manusia unggul. Sebab, hal itu bukan berarti kita tidak bisa berprestasi. Karena, orang hebat dan cerdas belum tentu mampu menghasilkan karya yang besar. Yang selanjutnya kita lakukan adalah kita bersatu padu untuk menjadi tim hebat. Dan akhirnya kita bisa mengatakan, saya mungkin bukan orang hebat, tetapi saya adalah bagian dari tim yang hebat.
Kejayaan tidak akan hadir  dengan mimpi tanpa satupun langkah untuk memulai. Maka kita harus mengayunkan langkah pertama untuk langkah kejayaan. Bukan besok atau beberapa waktu yang akan datang, melainkan sekarang. Maka kita persilakan lokomotif kejayaan untuk berangkat sebab ia akan menarik gerbong-gerbong yang terkait dengannya.
Teruslah lokomotif itu bergerak maju, meski di awal terasa berat. Tetapi, seiring bergeraknya sang lokomotif, gerbong-gerbong itu akan ikut terbawa. Dan akhirnya, tanpa terkecuali, semua penumpang akan terbawa pada arus kemajuan. Semua akan menyesuaikan diri bahwa sekarang mereka sedang akan menuju puncak kejayaan.
Terima kasih untuk para “siswa lokomotif” yang mulai bergerak. Cepat atau lambat, kejayaan itu adalah niscaya. Dan, masa depan adalah milik mereka yang hari ini bergerak untuk maju.

OPINI               
MEMILIH JAJAN YANG SEHAT
Saat kita jajan, kita harus bisa memilih jajan yang sehat.  Banyak penjual makanan yang menggunakan formalin, pewarna pakaian, saos dari tomat busuk, serta pemanis buatan. Bahkan ada sosis terbuat dari daging babi, bakso dari daging basi, permen yang berisi narkoba, juga ada es dawet menggunakan gula bibit. Jika kita makan , makanan seperti itu menyebabkan perut kita menjadi sakit.
Untuk menghindari makanan seperti itu kita harus memilih jajanan-jajanan yang sehat. Atau, lebih baik lagi jika kita membawa makanan dari rumah, karena bisa menghemat uang saku dan bisa hidup sehat. AYO INDONESIA PILIHLAH MAKANAN YANG SEHAT DAN BERGIZI. (Dea Yowanda Reza, VIIB)

SOPAN SANTUN PADA WAKTU MAKAN
Sejak kecil kita selalu diajarkan bagaimana cara makan oleh orang tua kita. Kita juga diajarkan bagaimana etika atau sopan santun ketika kita makan. Etika pada saat makan di antaranya, yaitu makan dengan tangan kanan, duduk ketika makan, dan kita juga tidak boleh makan sambil berbicara. Etika makan tidak hanya diterapkan di rumah tetapi di mana saja kita makan termasuk ketika di sekolah. Jadi ketika teman-teman jajan di sekolah sebaiknya makan sambil duduk. Jangan makan sambil jalan apalagi lari-lari. Mari budayakan makan dengan sopan. OK! ( Fiki Rahmayanti, VIIE)

Hikmah
MEMANFAATKAN  WAKTU
Oleh Diyah Inayati, kelas VII F)
Untuk menuju sebuah kesuksesan sangatlah mudah. Salah satu kuncinya  adalah dengan memanfaatkan waktu. Sebagai pelajar sebaiknya waktu kita gunakan untuk belajar,karena dengan belajar kita bisa menambah wawasan dan bisa menghargari waktu dengan baik. Sebaiknya  waktu bermain kita kita kurangi dan digunakan untuk belajar. Karena  terlalu banyak bermain akan membuat kita lelah dan ketika  sedang asyik bermain kita biasanya lupa waktu.
Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Al Ashr ayat 1-3: “Demi waktu, sesungguhnya manusia itu dalam keadaan rugi, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal salih serta saling menasehati dalam kebenaran dan keshabaran
Jika kita tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik, maka kita termasuk orang yang merugi.  Jadi mulai sekarang kita harus pintar-pintar memanfaatkan waktu dengan cara membagi waktu antara bermain dan belajar, 

BULETIN KOTA MADINAH HADIR DI DUNIA BARU.
KUNJUNGI: SEDULURTURI.BLOGSPOT.COM
EKSKLUSIF! FOTO-FOTO PILIHAN MTSN SLEMAN KOTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar