DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Minggu, 19 Februari 2012

Buletin MTsN Sleman Kota - Edisi 5


Berita Madrasah :

TIM KARAWITAN TAMPIL DI FESTIVAL KESENIAN SLEMAN
Tiada hari tanpa prestasi. Para siswa kembali unjuk kebolehan dalam bidang kesenian. Kali ini tim karawitan yang beranggotakan 28 siswa, tampil dalam  Festival Kesenian Kabupaten Sleman pada hari Sabtu, 19 November 2011 pukul 20.00 WIB di Lapangan Baratan, Candibinangun, Pakem. Para siswa menampilkan enam gendhing, di antaranya adalah Taberi Sinau dan Ricik-ricik Tombo Ati. Menurut guru pembimbing, Ibu Budi Hartatik,S.Pd, penampilan tim karawitan malam itu secara keseluruhan bagus.
Tim karawitan MTsN Sleman Kota sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Bahkan, pernah menjadi juara I tingkat Kabupaten Sleman dua tahun berturut-turut serta tampil di TVRI dalam acara konser Jawa. Dengan kegiatan pembinaan karawitan ini, para siswa lebih bisa mengapresiasi budaya Jawa, berdisiplin dan mampu berdakwah melalui tembang-tembang, tambah beliau. Amin dan sukses selalu! (Ahmad Zaini Adnan VII F, Rahmat Yulianto VII F)


Penampilan Tim Karawitan MTsN Sleman Kota yang menarik

TIM DAKWAH AL MADINAH GELAR SEMARAK MUHARRAM
Para alumni pembinaan kultum selama Ramadhan kemarin belum berhenti berkreasi. Dalam momentum tahun baru Islam 1433 H, para siswa yang tergabung dalam Tim Dakwah Al Madinah menggelar semarak Muharram. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 2 Desember 2011 pukul 10.45 WIB di Masjid Al Madinah. Tiga kader dakwah: Rahmat Yulianto VII F, Dila Mahanani VIII E dan Rizki VIII E tampil memukau secara bergantian menyampaikan hikmah tahun baru hijriyah di hadapan para siswa MTsN Sleman Kota.
Menurut kepala Laboratorium Agama, Bapak Drs. H. Dimyati, para kader dakwah tersebut sudah bagus dan perlu terus dibina secara telaten. Bapak Dimyati tidak segan-segan menghadiahkan masing-masing uang senilai Rp.10.000,00 kepada ketiga siswa. Acara semarak Muharram ini ditutup dengan mujahadah dan doa bersama menjelang Ujian Akhir Semester serta jama’ah Sholat Jum’at. (Fajar Aji Kurniawan VII B, Rizki Nur Rahmadi VII F)  
            
AKSI TIM DRUMBAND DI UPACARA HAB KEMENAG
Mantap! Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Kabupaten Sleman pada hari Selasa, 3 Januari 2012 di lapangan Pemda Sleman terasa khidmat dan meriah dengan hadirnya Tim Drumband MTsN Sleman Kota. Dengan kekuatan 65 personil, di bawah bimbingan Ibu Budi Hartatik,S.Pd dan Bapak Drs. Sudarno, M.Sn, para siswa mengumandangkan lagu Mengheningkan Cipta, Indonesia Raya, Andika Bhayangkari dan beberapa lagu lainnya di hadapan para guru dan pegawai Kemenag Sleman. Diharapkan dengan tampilnya para siswa MTsN Sleman Kota ini, mampu membentuk karakter pelajar yang jujur dan bertanggung jawab. Selamat dan sukses untuk semuanya! (Wisnu VII F, Rifan Erfianto VII E)

KOMENTAR VIA SMS: Tolong halaman buletinnya ditambah. Agar semua siswa dapat mengekspresikan karyanya. Yang berupa pantun, puisi, dsb. Kala bisa dibuat seperti buku tulis, tapi tipis. (087838554365, Isnaini Nur Khasanah VIII B)
 
STUDI WISATA SISWA KELAS VIII:
INDAHNYA NEGERI INDONESIA

hidup: kita pernah bersama-sama menginjakkan kaki di Monas Jakarta
 Man Jadda wa jada. Alhamdulillah. Kegiatan studi wisata siswa kelas VIII MTsN Sleman Kota tahun 2011 berjalan dengan sukses dan lancar. Acara ini diadakan pada tanggal 26-29 Desember 2011 dan diikuti oleh 169 siswa serta 12 guru pembimbing, di antaranya Ibu Dra Hj. Sri Haryati Handayani (kepala madrasah), Bapak Harjaka,S.Pd,MA (waka humas) dan Bapak Drs. Yunanto (waka sarpras).
Objek yang dikunjungi dalam studi wisata kali ini adalah di wilayah Jakarta, Bogor dan Bandung. Objek wisata tersebut di antaranya adalah: Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Taman Safari, Museum Geologi, Museum Asia Afrika dan Cibaduyut.
Menurut ketua panitia, Bapak Harjaka, studi wisata ini diadakan dengan tujuan menambah pengalaman bagi para siswa. Selain itu, juga dalam rangka menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan keimanan. Dan tentu saja, studi wisata juga menjadi ajang refreshing untuk para peserta.
Selamat dan sukses kepada seluruh peserta dan guru pembimbing yang mengikuti studi wisata tahun 2011 dan telah kembali ke kota Sleman dengan aman dan selamat. Semoga kegiatan ini mencapai tujuan yang kita harapkan. Sampai jumpa dalam studi wisata berikutnya. Siapa mau ikut? Mari kita gemar menabung sejak sekarang. Man jadda wa jada. (Titan Raka Herlandika VII A, Dwi Prasetyo VII F)   

  

PROFIL

PAK HARJAKA, WAKA HUMAS KITA

Waka Humas sekolah kita adalah Bapak Harjaka,S.Pd,S.Ag,MA yang lahir di Sleman, tanggal 3 Agustus 1962 dan beralamat di Mangsel Margomulyo Seyegan. Pak Harjaka menempuh pendidikan di SDN Margomulyo 2, SMPN 1 Seyegan, SPG Muhammadiyah Sleman dan meraih gelar Sarjana Pendidikan di UPY (1996). Selain itu beliau juga meraih gelar Sarjana Agama di UIN Yogyakarta (2006) dan menyelesaikan S2 di UNY (2010).
Istri beliau bernama Ibu Rr. Sri Rohayati Puji Astuti, Pak Harjaka dikaruniani dua putra, yaitu Latif Fauzi dan Lu’lu’ Lailia Husna. Beliau sudah menjadi guru selama 25 tahun dan merasa senang mengajar apalagi di MTsN Sleman Kota karena semua siswanya beragama Islam. Pak Harjaka berpesan agar para siswa giat belajar dan rajin beribadah. Dengan motto hidup “bermanfaat untuk orang banyak”, beliau pernah meraih berbagai prestasi, yaitu juara     lomba pidato bahasa Jawa se-Kabupaten Sleman, juara pelatihan guru matematika MTs tingkat Nasional dan menjadi wakil negara untuk studi banding dan belajar singkat ke Kanada.

CAKRAWALA
Cinta yang Menumbuhkan
Oleh : Adib Nur Aziz,S.Si, pembina jurnalistik MTsN Sleman Kota

Beruntunglah mereka yang pernah berinteraksi dengan para pencinta sejati. Meskipun ketika mereka bertemu, mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang dicintai. Mereka bergaul seperti umumnya orang: saling menyapa, bertukar pendapat dan terkadang diselingi humor yang menyegarkan.
Lambat laun secara tidak sadar mereka berubah sedikit demi sedikit. Pola pikirnya, kesehariannya, dan prestasi hidupnya. Itulah energi yang dilahirkan para pencinta sejati. Cinta ini tidak terucap dengan kata-kata, tetapi terwujud dalam sikap yang berkesan di hati dan perbuatan yang menyentuh jiwa.
Berinteraksi dengan para pencinta sejati akan melahirkan semangat hidup, semangat meraih kesuksesan, semangat bahwa hidup adalah untuk maju. Itulah cinta yang sejati. Cinta yang mampu menumbuhkan jiwa. Cinta yang mampu membangkitkan titik kesadaran. Cinta yang mampu membuat hati manusia terbuka.
Cinta ini bukan cinta witing tresna jalaran saka kulina, karena cinta ini bahkan bisa tumbuh meski hanya bertemu sekali saja, dan setelah itu rindu yang berkepanjangan. Tapi bukan rindu yang menyesakkan. Sebab yang dirindu bukan kehadiran sang pencinta sejati, melainkan energi hidup yang terpancarkan darinya.
Cinta ini bukan cinta yang harus berakhir dengan memiliki, sebab cinta tidak bisa dimonopoli. Setiap orang berhak menerima cinta ini dan setiap orang juga berhak memberikan cintanya kepada siapa saja yang dijumpai. Karenanya, cinta ini tidak mengenal kata cemburu.   
Beberapa kali kita menjumpai sepasang pelajar putra dan putri mojok di kelas setelah jam sekolah berakhir atas nama cinta. Atas nama cinta pula, ada para pelajar yang bergaul hingga melebihi batas norma agama. Cinta jenis ini patut dipertanyakan. Sebab, cinta sejati semestinya mendorong manusia untuk taat, bukan berlaku maksiyat.
Jangan sekali-kali percaya apalagi jatuh cinta pada orang yang datang atau sekedar sms menyatakan aku cinta padamu dan engkau satu-satunya yang ada dalam hatiku. Namun, berikanlah cintamu pada mereka yang dengan nyata mengerjakan apa-apa yang dicintai Allah, sebab pasti dan selalu, mereka akan mencintaimu dengan sepenuh hati dan tanpa syarat.

OPINI
Ayo Rajin Menulis!
            Mengapa sekarang banyak anak sekolah yang malas menulis, padahal menulis itu menyenangkan. Seperti menulis pada saat diterangkan guru dan menulis di buku catatan harian. Menulis bisa dijadikan kegitan untuk mengisi waktu kosong  Menulis juga bisa dijadikan sarana belajar dan latihan untuk memperlancar kita dalam menulis dan memperbaiki tanda baca yang tepat. Tetapi ingat, jangan sekali-kali menulis di tembok atau di meja karena bisa mengotori lingkungan.
Mari kita membiasakan diri untuk menulis, Banyak orang yang dengan menulis bisa menjadi sukses, seperti menjadi sastrawan atau seniman. Mulailah dari saat ini kita membiasakan untuk rajin menulis. (Rahmat Yulianto Kelas VII F)

Hemat Listrik
Menjalankan hemat listrik sangatlah mudah, apalagi di sekolah. Karena alat elektronik yang ada di setiap kelas hanya lampu dan kipas angin. Jika ingin menghidupkan lampu lebih baik jika di kala hujan dan mendung. Sedangkan jika ingin menghidupkan kipas angin lebih baik di waktu siang hari atau sedang ada terik matahari. Kita seharusnya bersyukur diberi kenikmatan oleh Allah SWT, yaitu MTs N sleman kota ini dialiri listrik dan mempunyai alat elek tronik. Maka dari itu, kita harus memanfatkan kenikmatan itu dengan dengan cara menghemat listrik. (Ahmad Zaini Adnan VII F)

Kebersihan kamar mandi
            Kebersihan kamar mandi itu perlu dijaga agar semua orang yang ke kamar mandi tidak kecewa karena kamar mandinya kotor dan bau. Kamar mandi itu digunakan untuk kita semua. Maka kamar mandi harus dibersihkan minimal satu minggu sekali. Mengapa kita tidak membantu membersihkan kamar mandi? Padahal kita sering menggunakannya. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Minimal kita menyiram secara sempurna kamar mandi setelah kita membuang hajat. Marilah kita menjaga kebersihan kamar mandi. (Dhika Arfian AY VII F)

HIKMAH
Mari Membaca Alquran
Oleh : Anggit Febri Winarko, VII D

Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk membaca Alquran. Apalagi kita adalah seorang siswa Madrasah. Oleh sebab itu, bagi siswa Madrasah yang belum lancar. tidak perlu malu untuk terus belajar membaca Alquran. Alquran adalah penyejuk hati. Barang siapa yang membacanya pasti akan merasa tenang ,tentram dan damai. Dengan membaca Alquran hidup kita akan terarah. Sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam surat Al ‘Alaq Ayat 1-5:
”Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhan-mu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dengan segumpal darah. .Bacalah dan Tuhanmu lah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia saja yang tidak diketahuinya.” Dari ayat tersebut, kita tahu bahwa membaca Alquran itu  penting sekali buat diri kita sebagai pedoman hidup. Oleh karena itu, marilah kita membaca Alquran, baik ayat maupun maknanya.
“ DENGAN ILMU KEHIDUPAN MENJADI MUDAH,
DENGAN SENI KEHIDUPAN MENJADI INDAH,
DAN DENGAN AGAMA, KEHIDUPAN MENJADI TERARAH”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar