DARI LERENG MERAPI, KAMI SAMPAIKAN SELAMAT DATANG. SELAMAT DAN SEMANGAT BERKARYA.
SIAPA BERSUNGGUH-SUNGGUH, PASTI AKAN BERHASIL

Apakah Saudara suka dengan blog ini?

Sabtu, 14 Januari 2012

Workshop Pengembangan Pendidikan Al Quran

Subhanallah, liburan sekolah kali ini banyak dimanfaatkan sekolah-sekolah untuk mengadakan program-proram peningkatan mutu guru dan layanan pendidikan. Seperti yang dilaksanakan oleh SDIT Bakti Insani Sleman pada hari Rabu, 21 Desember 2011.saya diundang oleh kepala sekolahnya, Bu Sulifah, untuk menyampaikan ceramah pengantar tentang pentingnya pendidikan Alquran di sekolah-sekolah Islam terpadu, khususnya SDIT.

Waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan ceramah pengantar itu adalah 30 menit. Dalam waktu yang singkat tersebut, saya menyampaikan peran dan posisi pendidikan Alquran di SDIT. Pendidikan Alquran di SDIT meliputi tiga hal, yaitu membaca, menghafal dan menulis Alquran.

Pendidikan Alquran menempati posisi yang sejajar dengan mata pelajaran yang lain. Bahkan, ia menjiwai dan bisa masuk ke seluruh materi mata pelajaran yang ada. Seorang guru SDIT harus mampu menampilkan ayat-ayat Alquran dalam setiap pelajaran yang disampaikan.

Adapun peran pendidikan Alquran sangat banyak. Dalam kesempatan tersebut saya menampilkan dua perannya, yaitu sebagai ilmu alat untuk memahami mata pelajaran yang lain dan sarana menjaga serta membentengi akhlaq siswa.

Tidak terasa waktu hampir menunjukkan pukul sembilan pagi. Sang moderator sudah memberikan secarik kertas kepada saya, yang isinya waktu kurang lima menit. Akhirnya saya mengakhiri ceramah pengantar tersebut. Acara selanjutnya diisi dengan pemaparan pembelajaran Alquran yang disampaikan tiga guru Alq uran dari tiga sekolah, yaitu SDIT Baitussalam Prambanan, SDIT Alam Nurul Islam Gamping dan SDIT Luqman Al Hakim. Semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan Alquran, khususnya di SDIT Bakti Insani Sleman. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar